Sabtu, 07 Mei 2016

Musrenbang di Desa Tumbang Lapan Kecamatan Miri Manasa

MUSRENBANG (MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN )
DESA TUMBANG LAPAN KECAMATAN MIRI MANASA KABUPATEN GUNUNG MAS
PROVINSI KALIMANTAN TENGAH



Kegiatan Musrenbang Desa di Desa Tumbang Lapan sesuai jadwal yang diberikan oleh Kecamatan minggu kedua Bulan Januari tahun 2016 yaitu pada tanggal 14 Januari 2016. Kegiatan ini sesuai amanat Undang – Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, kegiatan / rapat desa harus diselenggarakan oleh BPD (Badan Permusyawatan Desa) yang dimana dipimpin oleh Ketua BPD Desa Tumbang Lapan, yang dilaksanakan di Rumah Kepala Desa Tumbang Lapan, yaitu Bungai,  yang dihadiri oleh unsur pemuda, tokoh masyarakat, unsur pendidikan dan kami sebagai pembina yaitu Unsur Kecamatan Miri Manasa.  

Tim Kecamatan yang terdiri dari Sekretaris Camat Miri Manasa : Jhonson Ahmad, SE, M.Si, Kasi Trantib : Suparno, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) : Sukur Apriadi, S.IP, serta staf Pelaksana Kantor Kecamatan Miri Manasa yaitu Jonedi, SE, Anwar Syarif dan PTT : Martoni

Musrenbang Desa Tumbang Lapan

Selesai dari Desa Rangan Hiran dan Harowu Tim Kecamatan langsung menuju Desa Tumbang Lapan dan Desa Tumbang Siruk. Sampai di Kel. Tumbang Napoi kami istrahat makan sekitar pukul 10.00 dan melanjutkan perjalan dengan menggunakan motor karena daerah Tumbang Siruk dan Tumbang Lapan masih bisa dilalui oleh Kendaraan bermotor dan mobil apabila tidak diguyur hujan.

Sekitar 1 jam perjalan dari Tumbang Napoi ke Tumbang Lapan, Sesampainya di Desa Tumbang Lapan ternyata kegiatan Musrenbang Desa sudah dilaksanakan oleh Desa dan pendamping Desa jadi kami hanya melakukan perekapan saja  usulan apa saja dari Desa.

Setelah makan siang kami istirahat sejenak dan melanjutkan kembali ke Desa terakhir yaitu Desa Tumbang Siruk, pukul 15.00 .

Kegiatan juga dihadiri oleh pendamping Desa dan pendamping Lokal Desa karena mereka baru selesai Pelatihan di Tingkat Kabupaten Gunung Mas. Dan untuk membantu perekapan prioritas pembangunan Desa Tumbang Lapan tahun 2017.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menampung aspirasi masyarakat dalam pembangunan Desa untuk Tahun 2017 yang tidak bisa dibiayai oleh Dana Desa dan Alokasi Dana Desa atau yang menjadi Hak pembangunan dari pihak Kabupaten. Adapun hal – hal yang menjadi prioritas usulan yang diusul oleh masyarakat Desa Tumbang Lapan yaitu :

Bidang Pembangunan yaitu perbaikan sarana Mikro Hidro proyek Pusat yang dulu dilaksanakan di Desa Tumbang Lapan, yang hingga saat ini masih tidak dapat difungsikan. Pembuatan Sarana Air Bersih Desa Tumbang Lapan

Bidang Kesehatan penambahat Perawat / Bidan di pustu Desa Tumbang Lapan. Karena hingga saat ini belum ada perawat atau bidan yang menetap di Pustu tersebut.

Bidang Pendidikan untuk saat ini masih cukup memadai karena posisi guru kelas hampir terisi semua mungkin karena wilayah Desa Tumbang Lapan dekat dengan wilayah Kec. Kahayan Hulu Utara. Jadi guru – guru betah disana.

Demikianlah Kegiatan Tim Kecamatan dalam memfasilitasi Kegiatan Musrenbang Desa di Desa Tumbang Lapan Kecamatan Miri Manasa Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar