Minggu, 08 Mei 2016

Permainan Balugu Khas Dayak

FESTIVAL BUDAYA MIHING MANASA KABUPATEN GUNUNG MAS
KONTINGEN KECAMATAN MIRI MANASA
LOMBA : BALUGU  



Asslamualaikum Wr. Wb, Salom, Om Swasti Astu.............

Lomba Balugu kegiatan ini dilaksanakan  guna melestarikan budaya Adat Dayak pada jaman dahulu karena ketidakadaaan media permainan untuk anak – anaknya makanya leluhur Dayak menciptakan permainan Balugu yang dimana medianya adalah :
1.     Batang Bambu Tua / Puring Betung = yang dibuat menjadi sebuah tongkat atau stik sebagai pelempar lugu tersebut,
2.     Batok Kelapa Tua = indi dibuat menjadi berbentuk love atau segitiga sehingga mudah dilontarkan ke lugu  musuh.
3.     Ukuran lugu tergantung biasanya seukuran 20 cm untuk memudahkan diterbangkan atau diarahkan ke media permainan nya
Balugu Khas Dayak
Menembak Lugu

Balugu Khas Dayak
Memasang Lugu

Permainan ini lumayan membutuhkan keahlian dan harus mempunyai tim yang kompak cara permainannya :
Jarak penembak ke arah yang ditembak misalnya 15 meter dan penembak harus mengarahkan ke lugu tersebut sehingga dapat menjatuhkan ke 3 lugu yang dipasang lawan. Jadi dalam sekali jalan setiap pemain mendapat jatah menembak 2 kali saja, kecuali penembak tersebut dapat menjatuhkan 1 lugu maka dia berhak menembak lagi lugu ke dua dan menjatuhkan lagi dan sampai ketiga apabila ketiga lugu tersebut jatuh semua baru mendapat point.

Sedangkan ketiga penembak lugu dari batas tembak langsung mengenai lugu dan membuat 2 lugu jatuh maka disebut cabang 2 dan mendapat point 50 tapi harus dapat dijatuhkan lagi lugu terakhir, begitu seterusnya tetapi sampai saat ini hanya sebagian orang yang bisa melakukannya dan ada sedikit keberuntungan dan menurut orang tua ada petua / kepercayaan yang bisa mengganggu / mengecoh lawan agar tidak mengenai lugu tersebut. Seperti kepercayaan dayak jadi ada ritual tersendiri dan ada juga ritual untuk menolak hal – hal tersebut sehingga permainan menjadi bersih dan hanya keahlian yang digunakan.

Pemain lugu terdiri dari 2 Tim yang bertanding dan masing – masing tim terdiri dari 3 orang, 1 tim sebagai pemasang lugu satu tim sebagai penembak lugu tersebut. Misalnya dalam permainan diberikan waktu 10 menit berapa lugu yang terkena dan jatuh dari pasangannya di tanah mendapat poin 1 tapi harus tim tersebut menjatuhkan ketiga lugu yang dipasang tersebut dalam sekali jalan misal orang pertama dapat menjatuhkan lugu orang kedua menjatuhkan 1 dan orang ketiga menjatuhkan 1 itulah baru ada Nilainya.

Demikianlah biografri tentang permainan Balugu Khas Dayak lihatlah permainan ini di Kuala Kurun pada minggu ke 2 bulan juni tepatnya pada saat Festival Budaya Mihing Manasa Tahun 2016 semoga penasaran anda terobati. Di Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah Indonesia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar