Jumat, 06 Mei 2016

Festival Budaya Mihing Manasa

Selamat malam sahabat ku................
Festival Budaya Mihing Manasa adalah Kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Mas untuk memperkuat kecintaan masyarakat tentang Budaya Adat Dayak dalam hal ini untuk memperkenalkan adat dayak kepada khalayak ramai. Kegiatan Festival Budaya Mihing Manasa ini dilaksanakan pada bulan Juni minggu ke 2 (dua) karena dalam rangka menyambut hari Jadi Kabupaten Gunung Mas tanggal 21 Juni. Dalam  Kegiatan Festival Budaya ini ada bermacam kategori adat yang dilakukan misalnya Habayang / gasing, Manyipet / Menyumpit, Balugu, Mambesei / Dayung Tradisional, Mangaruhi / menangkap ikan dengan tangan, mamasak makan tradisional, malamang, mangenta, ngarungut, lagu tradisional, Besei kambe,  serta kader putra putri pariwisata perwakilan kabupaten Gunung Mas.
Kegiatan ini dilaksanakan di Ibukota Kabupaten Gunung Mas yaitu Kuala Kurun, yang dimana pesertanya terdiri dari seluruh Kecamatan di Wilayah Kabupaten Gunung Mas yaitu, Kecamatan Sepang, Kecamatan Mihing Raya, Kecamatan Kurun, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Kecamatan Damang Batu, Kecamatan Miri Manasa, Kecamatan Rungan, Kecamatan Rungan Barat, Kecamatan  Rungan Hulu, Kecamatan Manuhing, Kecamatan Manuhing Raya.

Kecamatan Miri Manasa selalu  mengikuti kegiatan ini dan selalu masuk 3 Besar dalam hal juara umum se Kebupaten Gunung, dan juga masyarakat Kecamatan Miri Manasa walaupun dipedalaman selalu mencintai Budaya Adat Dayak.

SEKILAS KEGIATAN LOMBA DI FESTIVAL BUDAYA MIHING MANASA
                                                  TAHUN 2015
Balugu

Kontingen Kecamatan Miri Manasa tahun 2015
Membuka Lawang Sekepeng

Mangaruhi

Pakasak Lamang

Mambesei

Manyipet

Mangenta

Habayang

Maneweng Kayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar